Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN GUNUNG MAS

 

 

KEPALA DINAS

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Dinas
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    II.b
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Kepala Dinas mempunyai tugas memimpin, membina, mengoordinasikan, merencanakan serta menetapkan program kerja, tata kerja dan mengembangkan semua kegiatan di bidang kesehatan serta bertanggung jawab atas terlaksananya tugas pokok dan fungsi Dinas Kesehatan.

Fungsi :

  1. Perumusan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, serta sumber daya kesehatan;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, serta sumber daya kesehatan;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, serta sumber daya kesehatan;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Daerah terkait dengan bidang kesehatan;
  6. Pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kesehatan; dan
  7. Penyelenggaraan urusan kesekretariatan dinas.

Uraian Tugas :

  1. Merumuskan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan   pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, serta sumber daya kesehatan;
  2. Melaksanakan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, serta sumber daya kesehatan;
  3. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, serta sumber daya kesehatan;
  4. Melaksanakan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. Melaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Daerah terkait dengan bidang kesehatan;
  6. Membinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kesehatan; dan
  7. Menyelenggarakan urusan kesekretariatan dinas.

 

 

SEKRETARIAT DINAS

SEKRETARIS DINAS

  1. Nama Jabatan                      :    Sekretaris
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    III.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan      :

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pelaksanaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan.

Fungsi :

  1. Penyiapan perumusan kebijakan operasional tugas administrasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  2. Koordinasi pelaksanaan tugas dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas administrasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  4. Pengelolaan aset yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

Uraian Tugas :

  1. Menyiapkan perumusan kebijakan operasional tugas administrasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  2. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  3. Memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas administrasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  4. Mengelola aset yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

 

KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas penyiapan dan koordinasi penyelenggaraan administrasi umum, pelayanan informasi, penatalaksanaan hubungan masyarakat dan hukum serta urusan kepegawaian yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

Uraian Tugas :

  1.  Menyelenggarakan urusan surat menyurat, perpustakaan dan kearsipan;
  2. Melakukan pelayanan informasi dan pelayanan publik terpadu;
  3. Melakukan pengelolaan produksi komunikasi publik, kehumasan dan evaluasi produksi komunikasi;
  4. Melakukan peliputan, pengolahan bahan publikasi, publikasi dan dokumentasi;
  5. Penatalaksanaan keprotokolan;
  6. Penatalaksanaan produk hukum bidang kesehatan;
  7. Penatalaksanaan urusan produk rumah tangga;
  8. Penatalaksanaan urusan perjalanan dinas;
  9. Penatalaksanaan administrasi kepegawaian;
  10. Penatalaksanaan urusan jabatan fungsional;
  11. Penatalaksanaan penempatan tenaga kesehatan strategis
  12. Mengelola organisasi dan tatalaksana serta analisis jabatan dan evaluasi kelembagaan;
  13. Melakukan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  14. Membagi tugas kepada para bawahan di lingkunga sub bagian umum dan kepegawaian sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar segera tugas segera diproses lebih lanjut;
  15. Memberi petunjuk kepada para bawahan di lingkungan sub bagian umum dan kepegawaian baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari                        penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  16. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan di lingkungan sub bagian umum  dan kepegawaian dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  17. Menilai prestasi kerja para bawahan di lingkungan sub bagian umum dan kepegawaian berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  18. Melaporkan pelaksanaan kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian secara tertulis maupun lisan sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan;
  19. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kesekretariatan.

 

KEPALA SUB BAGIAN PERENCANAAN KEUANGAN DAN ASET

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset mempunyai tugas penyiapan dan koordinasi penyusunan rumusan program, penyelenggaraan urusan keuangan dan pengelolaan aset yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

Uraian Tugas :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran sub bagian perencanaan, keuangan dan aset berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Menyiapkan bahan koordinasi dan penyusunan rencana dan program;
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dan penyusunan anggaran;
  4. Menyiapkan pengumpulan, pengolahan, analisis data kesehatan, penyajian, diseminasi dan pelayanan data;
  5. Menyiapkan bahan penyusunan rencana anggaran;
  6. Melaksanakan pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta perbendaharaan administrasi keuangan;
  7. Melaksanakan bimbingan dan pembinaan bendaharawan;
  8. Menyusun laporan dan akuntansi aset dan barang per triwulan;
  9. Menyusun rencana kebutuhan, penerimaan, penyimpanan, pengeluaran dan pendistribusian barang kantor;
  10. Melakukan pengurusan pengadministrasian dan usul penghapusan barang;
  11. Melakukan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program dan anggaran;
  12. Melakukan pemeliharaan aset dan hibah BMD dan BMN;
  13. Membagi tugas kepada para bawahan di lingkunga sub bagian perencanaan, keuangan dan aset sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar segera tugas segera diproses lebih lanjut;
  14. Memberi petunjuk kepada para bawahan di lingkungan sub bagian perencanaan, keuangandan aset baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  15. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan di lingkungan sub bagian perencanaan, keuangandan aset dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  16. Menilai prestasi kerja para bawahan di lingkungan sub bagian perencanaan, keuangan dan aset berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  17. Melaporkan pelaksanaan kegiatan sub bagian sub bagian perencanaan, keuangan dan aset secara tertulis maupun lisan sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan;
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kesekretariatan.

 

 

         BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT

KEPALA BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    III.b
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Bidang Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga.

Uraian Tugas :

  1. Penyiapan perumusan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga    dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
  2. Penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
  3. Penyiapan bimbingan teknis dan supervisi di bidang kesehatan keluarga dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan keluarga dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga.

 

KEPALA SEKSI KESEHATAN KELUARGA DAN GIZI

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi mempunyai tugas pembinaan dan pengendalian pelayanan kesehatan keluarga dan gizi, penyusunan pedoman dan perumusan kebijakan upaya perbaikan dan peningkatan kesehatan keluarga dan pemantauan penanggulangan gizi buruk.

Uraian tugas :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran seksi kesehatan keluarga dan gizi berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas kepada para bawahan lingkungan seksi kesehatan keluarga dan gizi sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjuT;
  3. Memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan seksi kesehatan   keluarga dan gizi baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan seksi kesehatan keluarga dan gizi dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan seksi kesehatan keluarga dan gizi berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Menyusun rencana pembinaan dan pengendalian pelayanan kesehatan keluarga dan gizi;
  7. Menyusun pedoman  dan perumusan kebijakan upaya perbaikan dan peningkatan kesehatan keluarga dan gizi;
  8. Menyusun rencana pembinaan upaya perbaikan dan peningkatan kesehatan keluarga dan gizi;
  9. Melaksanakan upaya pembinaan dan perbaikan serta peningkatan kesehatan keluarga dan gizi
  10. Memantau penanggulangan gizi buruk;
  11. Melakukan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan   pelaporan pelaksanaan tugas;
  12. Melaporkan pelaksanaan kegiatan seksi kesehatan keluarga dan gizi baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  kepala bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas bidang kesehatan masyarakat.

 

KEPALA SEKSI PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat mempunyai tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan evaluasi dan pelaporan di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Uraian tugas :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas kepada para bawahan lingkungan seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. Memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan seksi promosi     kesehatan   dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Menyusun dan melaksanakan program promosi kesehatan berskala kabupaten;
  7. Melaksanakan pengembangan dan menyebarluaskan media Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) promosi kesehatan berskala kabupaten;
  8. Melaksanakan penggerakan dan penggalangan komitmen pemberdayaan masyarakat baik lintas program, lintas sektor, pihak swasta, organisasi masyarakat, organisasi profesi;
  9. Melaksanakan penggerakan masyarakat dalam upaya kesehatan  berbasis masyarakat (UKBM);
  10. Melaksanakan penggalangan kemitraan dalam rangka pembangunan kesehatan berwawasan kesehatan;
  11. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui penguatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai spesifik lokal;
  12. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui desa/kelurahan siaga aktif;
  13. Melaksanakan pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  14. Melaporkan pelaksanaan kegiatan seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  kepala bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas bidang kesehatan masyarakat.

 

KEPALA SEKSI KESEHATAN LINGKUNGAN, KESEHATAN KERJA DAN OLAH RAGA

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga mempunyai tugas penyiapan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan Lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga.

Uraian tugas :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah ragaberdasarkan  prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas kepada para bawahan lingkungan seksi kesehatan  lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga sesuai dengan bidang  tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses    lebih lanjut;
  3. Memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan seksi kesehatan lingkungan,  kesehatan kerja dan olah raga baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari   penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah ragaberdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Mensosialisasikan kebijakan nasional tentang pencegahan penyakit melalui program intervensi terhadap lingkungan baik lingkungan biologi maupun non biologi;
  7. Mengkoordinasikan upaya pengendalian lingkungan yang menjadi perantara masuknya penyakit dengan lintas sektor terkait ;
  8. Menyediakan bantuan teknis untuk melakukan pengendalian lingkungan pada kejadian luar biasa penyakit yang berkaitan dengan lingkungan ;
  9. Mengkaji pengembangan wilayah/ kawasan sehat;
  10. Melaksanakan penyusunan kebijakan kapasitas kerja, lingkungan kerja, dan kesehatan olah raga;
  11. Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi peningkatan kapasitas kerja, lingkungan kerja, dan kesehatan olah raga;
  12. Melaksanakan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  13. Melaporkan pelaksanaan kegiatan seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  kepala bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas bidang kesehatan masyarakat.

 

BIDANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT

KEPALA BIDANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT

  1. Nama Jabatan                      :    Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.b
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang surveilans dan imunisasi, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.

Uraian Tugas :

  1. Penyiapan perumusan kebijakan operasional di bidang surveilans dan imunisasi, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;
  2. Penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang surveilans dan imunisasi, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;
  3. Penyiapan bimbingan teknis dan supervisi dibidang surveilans dan imunisasi, MATRA, penanggulangan kriris kesehatan akibat bencana, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang surveilans dan imunisasi, MATRA, penanggulangan kriris kesehatan akibat bencana, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.

 

KEPALA SEKSI SURVEILANCE DAN IMUNISASI

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Surveilans dan Imunisasi mempunyai tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang surveilans dan imunisasi.

Uraian tugas :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran seksi surveilans dan imunisasi berdasarkan prioritas dan target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas pengelola program lingkungan seksi surveilans dan imunisasi sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. Memberi petunjuk kepada pengelola program  seksi surveilans dan imunisasi baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan pengelola program lingkungan seksi   surveilans dan imunisasi, kesehatan dengan membandingkan antara hasil kerja dan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja pengelola program lingkungan seksi surveilans    dan imunisasi, MATRA, penanggulangan krisis berdasarkan hasil kerja  yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Mensosialisasikan kebijakan nasional tentang program surveilans dan imunisasi, MATRA, penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana;
  7. Menyediakan informasi tentang kegiatan surveilans, imunisasi,    MATRA, penanggulangan kriris kesehatan akibat bencana dan manajemen program surveilans di Kabupaten Gunung Mas;
  8. Melakukan surveilans aktif pada daerah risiko tinggi penyakit menular;
  9. Melakukan penyelidikan epidemiologi pada daerah kejadian luar biasa dan upaya penanggulangannya;
  10. Melaksanakan kegiatan program Surveilans dan imunisasi, MATRA, penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana;
  11. Menyediakan bantuan untuk melaksanakan imunisasi di wilayah penanggulangan kejadian luar biasa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi;
  12. Melakukan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi terhadap pelaksanaan tugas;
  13. Melaporkan pelaksanaan kegiatan seksi surveilans dan imunisasi MATRA, penanggulangan kriris kesehatan akibat bencana baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan    informasi bagi atasan; dan
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

 

KEPALA SEKSI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mempunyai tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang penyakit menular.

Uraian tugas :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular berdasarkan prioritas dan target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas pengelola program lingkungan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. Memberi petunjuk kepada pengelola program lingkungan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan pengelola program lingkungan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular dengan membandingkan antara hasil kerja dan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja pengelola program lingkungan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Mensosialisasikan kebijakan nasional tentang program penanggulangan penyakit menular tertentu yaitu malaria, HIV-AIDS, penyakit kelamin, demam berdarah, toberculosis, pneumonia, hepatitis, kusta dan frambusia, diare, filariasis, flu burung, rabies dan    penyakit menular yang baru muncul;
  7. Menyediakan informasi tentang upaya penemuan dan pengobatan penyakit menular di kabupaten/kota dan rumah sakit;
  8. Melakukan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan   pelaporan pelaksanaan tugas;
  9. Melaporkan pelaksanaan kegiatan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas bidang pencegahan dan pengendalian penyakit.

 

KEPALA SEKSI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DAN KESEHATAN JIWA

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan  Kesehatan Jiwa mempunyai tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi danpelaporan di bidang penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.

Uraian Tugas :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa berdasarkan prioritas dan target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas pengelola program lingkungan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. Memberi petunjuk kepada pengelola program lingkungan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan pengelola program lingkungan seksi   pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa dengan membandingkan antara hasil kerja dan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja pengelola program lingkungan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Mensosialisasikan kebijakan nasional tentang program penanggulangan penyakit tidak menular tertentu yaitu jantung dan pembuluh darah, diabetes melitus dan penyakit metabolik, kanker, penyakit kronis dan generatif lainnya, serta kesehatan jiwa dan NAPZA dan penyakit tidak menular yang baru muncul;
  7. Menyediakan informasi tentang upaya penemuan dan pengobatan penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa di puskesmas dan jaringannya;
  8. Melakukan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan   pelaporan pelaksanaan tugas;
  9. Melaporkan pelaksanaan kegiatan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; daN
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas bidang pencegahan dan pengendalian penyakit.

 

 

BIDANG PELAYANAN DAN SUMBER DAYA KESEHATAN

BIDANG PELAYANAN DAN SUMBER DAYA KESEHATAN

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.b
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, penyelenggaraan jaminan kesehatan, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan.

Uraian Tugas:

  1.   Penyiapan perumusan kebijakan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, penyelenggaraan jaminan kesehatan, pelayanan kesehatan tradisonal, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan;
  2. Penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, penyelenggaraan jaminan kesehatan, pelayanan kesehatan tradisonal, kefarmasian, alat    kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan;
  3. Penyiapan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, penyelenggaraan jaminan kesehatan, pelayanan kesehatan tradisonal,kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan;
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan penyiapan perumusan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, penyelenggaraan jaminan kesehatan, pelayanan kesehatan tradisonal, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan.

 

KEPALA SEKSI PELAYANAN KESEHATAN

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi,   pemantauan, evaluasi dan pelaporan serta peningkatan mutu fasyankes di pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan, penyelenggaraan jaminan kesehatan serta pelayanan kesehatan tradisional.

Uraian tugas :

  1. Mengorganisasikan pelaksana tugas seksi pelayanan kesehatan;
  2. Mensosialisasikan program pelayanan kesehatan;
  3. Mengkoordinasikan program pelayanan kesehatan;
  4. Mendukung dan mendorong peningkatan program pelayanan kesehatan;
  5. Membuat laporan program pelayanan kesehatan; dan
  6. Melaksanakan tugas lain dari kepala bidang pelayanan dan sumber daya manusia kesehatan.

 

KEPALA SEKSI KEFARMASIAN, ALAT KESEHATAN DAN PKRT

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Kefarmasian, Alkes dan PKRT
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Kefarmasian, Alkes dan PKRT mempunyai tugas penyiapan  perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT.

Uraian tugas :

  1.    Menyusun perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan evaluasi di bidang kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT;
  2. Menyiapkan prosedur pelaksanaan, perencanaan,  pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan evaluasi di bidang kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT;
  3. Melaksanakan pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan evaluasi di bidang kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT;
  4. Menyiapkan laporan pelaksanaan perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan evaluasi di bidang kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT;
  5. Mensosialisasi regulasi dan kebijakan bidang kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT;
  6. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat di bidang kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT;
  7. Membagi tugas kepada para bawahan lingkungan seksi kefarmasian, alat kesehatan dan PKRTsesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  8. Memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan seksi kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  9. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan seksi kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  10. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan seksi kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  11. Melaporkan pelaksanaan kegiatan seksi kefarmasian, alat kesehatan dan PKRTbaik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.

 

KEPALA SEKSI SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN

  1. Nama Jabatan                      :    Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan
  2. Eselon/ Jenjang Jabatan :    IV.a
  3. Unit Kerja                               :    Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas

Ikhtisar Jabatan :

Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan mempunyai tugas penyiapan, perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang sumber   daya manusia kesehatan.

Uraian tugas :

  1. Menyusun perencanaan, pengadaan dan pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK);
  2. Penyusunan rencana pembinaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK);
  3. Penyusunan rencana program pendidikan dan latihan fungsional dan   teknis;
  4. Menyusun rencana dan pelaksanaan pembinaan pendidikan dan pelatihan serta pelaksanaan akreditasi pendidikan/pelatihan dan Intitusi diklat;
  5. Peningkatan kompetensi SDM Kesehatan melalui pendidikan berjenjang;
  6. Melaksanakan pengelolaan dan koordinasi registrasi tenaga kesehatan;
  7. Bimbingan teknis, supervisi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas.